Minggu, 06 Februari 2011

Mengatur waktu saat ber-internet

Judul diatas cukup jelas bagaimana kita mengatur waktu saat beri-internet. Oke teman Netizen (sebutan orang berinternet) . apa perlunya se.. kita mengatur waktu toh itu juga Hak kita, mau ini kek, itu kek, apa aja gak ada yang boleh mengganggu ! . perlu atau tidaknya memang itu adalah HAK kalian Netizen. tapi bukankah mengatur waktu agar lebih efisien dan mendapatkan informasi yang diinginkan saat ber-internet adalah hal yang dianggap gak perlu ? semua akan setuju menjawab PERLU ! bahkan WAJIB !.

Sering para netizan yang ada di Warnet atau yang berlangganan internet sendiri dirumah kehilangan waktunya artinya mereka berinternet terlalu lama dan hasilnya pun mereka tidak mendapatkan informasi yang diinginkan. Sebagian Netizen mengatakan itu wajar, gak masalah kok ! oke Netizen, perlu diketahui seseorang yang suka membiasakan suatu hal atau aktifitas “buruk” akan berbias pada KEBIASAAN dan tidak menutup kemungkinan akan membentuk KARAKTER. Pertanyaanya? Apakah kalian (Netizen) akan menjadi orang yang berkarakter buruk?

Terbukti kebiasaan buruk itu adalah ketika kita membuka progam peramban kita (google,Mozilla, dll) yang akan kita ketik di kolom browser untuk pertama kali adalah facebook.com ,tidak percaya? Coba kalian amati sendiri di warnet-warnet terdekat. Dan sebenarnya hal itu boleh-boleh saja dan tidak menyalahi aturan HAM, toh juga FB seakan sudah menjadi bagian hidup. tapi hal itu akan banyak dan banyak memakan waktu, jelas. Saat facebook dibuka maka otomatis akan ada interaksi dengan teman-teman FB. Yang namanya berinteraksi itu bisa ngobrol (chat fb), saling koment-koment, dan men-tag photo-photo alay…dan banyak lagi. Dan pertanyaannya, kapan kita dapat informasi atau mengerjakan tugas bisa selesai dengan cepat?

Kapan guys ?! pertanyaan kapan itu akan terjawab oleh diri kalian sendiri..! dengan membiasakan Mengatur Waktu saat Ber-Internet.

Sedikit pengalamanku mengenai Mengatur Waktu saat Ber-Internet :

Pernah waktu itu, aku mendapat Tugas kuliah dan oleh Dosennya diberi waktu 1 minggu untuk mengumpulkan tugas. Jujur aku berfikir ; Santai ajah pak ,bakal selesai kok, kan ada mbah google…:D !,dan yang pasti aku lebih santai karena aku punya Laptop sendiri dan berlangganan internet. Dalam perjalan 1 minggu itu aku memang berfikir untuk mengerjakan tugas secepat mungkin, tapi kenapa setiap ku buka Laptopku dan kupasang modemku peramban pertama yang ku buka di browser adalah FaceBook yang jelas sekali membuat aku tak bisa meninggalkan social networking itu karena aku asyik ngobral-ngobril sama teman-temanku *apa lagi kalau ada soulmate hihi…dan anehnya yang tadinya aku mau mengerjakan tugas kuliah justru sebaliknya sampai Laptopku di matikan tak ada hasil yang seperti yang aku inginkan dan aktifitas seperti itu ternyata terbiasakan berulang-ulang kali
Dan yang pada akhirnya sebelum hari-H pengumpulan tugas terpaksa aku harus mengebut untuk menyelesaikan tugas kampus itu…yang kebanyakan Referensinya aku ambil dari internet. Alhasil saat tugas ditumpuk ternyata dan ternyata banyak tulisan dan referensi yang tidak aku Edit sebelumnya, sehingga tampak jelas tugasku bukan dari jeripayah pemikiran original ku sendiri.

Dan apa yang harus diambil dari pengalamanku itu ?
adalah Sang Waktu bisa membunuh kita jika kita tidak mempergunakannya dengan baik”


Trus bagaimanakah cara kita mempergunakan waktu se-baik mungkin saat ber-Internet:

Pertama, tentukan maksud kalian sebelum berinternet, misalkan akan mencari info CPNS,mengerjakan tugas. Dan tulislah di selembar kertas kecil dan diletakkan disamping keybord agar mudah untuk mengingat apa yang akan kita cari saat ber-internet.

Kedua, fokuskan kepada Tugas dan maksud berinternet. Tegaskan pada diri kalian bahwa nanti saat pulang tugas harus selesai.

Ketiga, bayangkan Tugas atau informasi itu HARUS didapat dan terselesaikan DUA JAM kedepan !, artinya Dua jam lagi kalian harus menyelesaikan Tugas dan informasi itu.

Keempat, JANGAN sekali-kali MEMBUKA LAMAN PORNOGRAFI ! don’t open to prono !

Kelima, ya seperti pengalaman aku sendiri diatas tadi, jangan membuka dahulu situs jejaring social tidak hanya facebook, YM, Skype, blog dan masih banyak lagi. Bukalah google, yahoo, indo Webster, Wikipedia dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas pendukung dalam pencarian informasi kita.

Kesimpulannya, bahwa untuk mengatur waktu saat ber-internet pada dasarnya ada pada dirikita sendiri. Tentunya dengan membiasakan diri untuk lebih menghargai waktu. Waktu itu seperti Pedang SAMURAI yang bisa menusuk pemegangnya apabila tidak membiasakan cara memegang dengan baik. Sebaliknya akan menusuk(memudahkan) hal-hal yang menjadi tujuan kita.

Semoga bermanfaat ^^.

Kunjungi juga disini http://www.bhinneka.com

2 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tapi kalo main game bisa keterusan nih. hehee

Muchamad jengki tommy yanto mengatakan...

mbak fany: hahaa....tetep harus diatur tow,,