Selasa, 14 Februari 2012

Cinta: Populer dan Laris Manis


Pertama aku mau menggeser sedikit pertanyaan dari #BBCblogdetik “Cinta Apa Yang Lagi Laris di Indonesia Sekarang?” , menjadi “Cinta Apa Yang Lagi Populer di Indonesia Sekarang?”. Karena kalau udah populer sebuah cinta maka akan laris. Laris di gunakan, ditirukan etc. ya gak semuanya se… tapi bisa bikin Boming media paling tidak, :D.

Next, to the point..

Kalau jaman dulu kisah percintaan di Indonesia yang terkenal adalah kisah cintanya “siti Nurbaya”, kisah tentang “ Kasih Tak Sampai”. Dimana siti nurbaya menjalin kasih dengan samsul bahri tapi tidak berlanjut ke perninakahan, karena samsul bahri sendiri dipaksa pergi ke Batavia (Jakarta), dan kemudian siti nurbaya memaksakan diri untuk menikah dengan Datuk Maringgih seorang Kaya raya, keputusan siti nurbaya ini dikarenakan ingin melepas jeratan hutang yang menimpa bapaknya siti nurbaya.

Atau kisah tentang Roro Jonggrang yang legendaris, sebuah kisah yang populer dari tanah jawa, tepatnya Jawa Tengah. Yang mengisahkan keajaiban asal mula candi prambanan, cadi sewu, keraton  Ratu baka dan arca Dewi Durga. Dimana Roro jonggrang (dara gadis langsing) akan di persunting oleh Raden Bandung Bondowoso, namun Roro jonggrang memberi dua syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah membuat seribu candi dalam satu malam. Yang akhir ceritanya semua syarat itu terpenuhi dan Rorojonggrang pun di kutuk menjadi batu di ruang arca Dewi Darga karena kelicikan dia.

Masih banyak lagi kisah-kisah percintaan populer yang berasal dari Indonesia yang sebatas dongeng atau mitos atau memang benar adanya. Akan tetapi jika kita melihat kisah cinta yang populer di Indonesia untuk sekarang ini, ya di Indonesia yang uda masuk dalam era modern, ada yang tahu?
Pada dasarnya kepopuleran cinta diindonesia maupun di manapun, tidak lepas dari cara menggunakan cinta artinya populer dan laris manisnya cinta itu dikarenakan dua sejoli dalam memproses cinta mereka mampu menarik perhatian khalayak banyak.

Masih ingat program-program tivi “kontak jodoh” ? , itu salah satu penggunaan cinta yang populer pada masa itu, dan berbondong-bondong orang pengen ikut acara itu, atau kalau gak bisa masuk program kontak jodoh maka mereka mencari jasa kontak jodoh.

Gak lama lagi, muncul program lagi Take me Out. Kalian juga pada tahu bagaimana kepopuleran program itu, dan laris manis lagi.

Tahun 2011-an muncul isu bahkan memang ada keberadaannya yaitu jasa Sewa Pacar , mirip-mirip dengan film-film ftv.  Tulisan sewa pacar ini pernah ditulis oleh teman blogger aku dengan judul “Bisnis Jaman Galau: Jasa sewa Pacar pun Laris!”.

Oke, masih banyak lagi kisah proses percintaan yang pernah dan masih populer dan laris manis di Indonesia  yang mederen ini, mereka pelaku percintaan selalu memutar otak mereka se-kreatif mungkin untuk memberikan suguhan cinta yang bisa populer dan laris manis. Mereka bisa mengambil pelajaran dari manapun berada,baik dari benda mati maupun benda hidup, bahkan dari iklan-iklan cinta yang sedang buuuming seperti sekarang ini, yaitu iklan: Setuja Mawar, mawar maafkan marwan, ayaamku manaaaa!, aku gak punyaaa pulsaaa….etc.

Terus, ada cinta yang lebih parah lagi, sebenarnya cinta seperti ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, tapi baru bisa populer dan laris manis dijaman Indonesia sekarang, hal ini disebabkan karena teknologi infomasi yang begitu cepat dan mudah ditangkap oleh setiap manusia melalui tivi, ipad,iphone,smratphone dan lain lain. Yaitu cinta yang lagi populer dan LARIS MANIS dikembangkan di Indonesia adalah CINTA KORUPSI, CINTA BARANG IMPOR, CINTA KEKERASAN, CINTA PRODUK LUAR NEGERI (alutsita, pesawat),  CINTA BURUKNYA MORAL, CINTA BOLA (sayangnya disaat warga Indonesia cinta persepakbolaannya malah banyak kekerasan dan anarkis oleh supporter, dan ternodai oleh keburukan petinggi PSSI dalam menangani LPI &ISL)

Ah banyak lagi untuk menyebutkannya… ada yang mau nambahin?? Cinta yang lagi laris manis di Indonesia????? Yuk share di koment :)

1 komentar:

Lia_Lovaa mengatakan...

Ternyata memang ya tema cinta paling laris dan paling disukai oleh orang Indonesia..Salam kenal ya ^^